Artikel

Postingan dan Artikel Terbaru

  • ISO VS HACCP, GMP, dan SMK3: Jangan Salah Pilih Sertifikasi!

    .

    Di dunia bisnis modern, terutama yang bergerak di bidang manufaktur, makanan, dan jasa, sertifikasi sistem manajemen ibarat “paspor” yang membuka pintu pasar global dan membangun kepercayaan pelanggan. Namun, seringkali kita dibuat bingung dengan banyaknya pilihan: ISO 9001, ISO 22000, HACCP, GMP, SMK3, dan lainnya. Mana yang paling penting? Apakah semuanya harus diambil? Jawabannya: Tidak. Memilih sertifikasi…

  • Menjembatani Komitmen dan Komunikasi: Memahami Hubungan Simbiosis antara Standar ISO dan Sustainability Reporting

    .

    Ketika keberlanjutan menjadi suatu keharusan, setiap perusahaan perlu menjawab dua pertanyaan utama: Sejauh mana mereka akan mengelola dampak lingkungan dan sosial, serta bagaimana hal tersebut akan mereka komunikasikan kepada pemangku kepentingan. Keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan bukan menghilangkan salah satu demi yang lain, tetapi saling melengkapi. Kredit untuk dua elemen utama Standar ISO dan…

  • Mau Sertifikasi ISO? Ini Daftar Dokumen yang Harus Anda Punya (Plus, Cara Menyusunnya Agar Lulus Audit!)

    .

    Anda sudah memutuskan untuk mengambil langkah strategis: mendapatkan Sertifikasi ISO. Selamat! Ini adalah komitmen untuk meningkatkan kredibilitas, efisiensi, dan daya saing bisnis. Tapi, di balik semua manfaatnya, seringkali ada satu bayangan yang membuat tim grogi: “Dokumentasinya segunung, ya?” Tenang. Jangan bayangkan tumpukan kertas yang membingungkan. Bayangkan saja ini sebagai “peta jalan” atau “buku panduan” bagaimana perusahaan…

  • ISO 14001 dan Dampaknya Terhadap Keberlanjutan Bisnis

    .

    Kita akan mengilustrasikan dua perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Perusahaan pertama, ruang kerjanya dipenuhi sertifikat penghargaan bisnis, namun sampah produksinya menumpuk di belakang pabrik, dan cerobong asapnya jarang dibersihkan. Perusahaan kedua, mungkin tak banyak bicara, tetapi mereka memiliki sistem terstruktur untuk menghemat energi, meminimalkan limbah, dan secara aktif mencari bahan baku yang lebih…

  • Apa Itu ISO 9001 dan Mengapa Ia Bukan Sekadar Sertifikat, Tapi Jalan Ninja Bisnis Anda?

    .

    Kita Ilustrasikan seperti ini: Anda masuk ke dua restoran yang berbeda. Restoran A: Piringnya sedikit bernoda, pelayannya ramah tapi bingung saat Anda tanya menu, dan pesanan Anda tertukar. Mereka akhirnya membetulkannya dengan permintaan maaf. Restoran B: Segalanya terasa lancar. Anda disambut hangat, menu jelas, pesanan datang tepat seperti yang diminta, cepat, dan makananannya konsisten enaknya…